Saturday 13 July 2013

ADA APA DI KONSILI NICEA?? ( DISKUSI DENGAN EDY PRAYITNO)

Akhir-akhir ini saya berdiskusi dengan Bapak Edy Prayitno yang ngakunya mantan Kristen alias mualaf. Seperti sebelum-sebelumnya, saya selalu menanya orang-orang seperti ini. Terlebih karena dulu bapak ini pernah nantangi saya untuk membuktikan kepalsuan mualafnya.Seperti diskusi saya dengan mualaf sebelumnya,  sudah bisa di tebak, pasti pemahamannya akan gerejanya dulu sangat minim. Hanya ada dua kemungkinan, mereka mualaf palsu, atau mualaf yang keblinger.Maksud saya adalah, NGAPAIN AJA SELAMA JADI KRISTEN?? Pantas saja mereka gampang di bodohi.Terlebih karena bapak ini ngakunya pernah mengecap pendidikan theologi.Tidak banyak bicara, kita lihat cuplikannya
Pengkhotbah Muda

Assalamualaikum pak.MAAF MENGGANGGU
Boleh saya belajar Islam dari anda?
Edy Prayitno

Waalaikum salam
Pengkhotbah Muda

Mau tanya nih, benar ga kalau katanya Islam itu sudah terbagi dalam 72 sekte?Ataukah masih hanya sebatas nubuat?
Edy Prayitno

itu juga saya kurang tahu mas
saya soal kristologi paham ...he he he karena saya islamnya lebih lama anda he he he
Pengkhotbah Muda

Maksudnya,mualaf gitu?
Edy Prayitno

iya
Pengkhotbah Muda

oh...ternyata saya bertemu dgn orang luar biasa hari ini.
Jadi, gimana ceritanya bisa mualaf akhi?
Edy Prayitno

mulanya debat dg teman muslim
di kantor
saya pelajari Alquran
dan buku2
untuk kalahkan dia
tetapi semakin saya baca Alquran
semakin saya sadar
bahwa kristen agama yg banyak cacat
Pengkhotbah Muda

cacatnya?? Maaf, saya masih kurang paham, tp sangat tertarik mendengar kisah nyata dari anda
Edy Prayitno

banyak kisah2 yg menyebut Yesus hanya utusan ..ini ucapan Yesus sendiri di 4 kitab injil
tidk ada satupun ayat yg mengatakan Yesus itu Tuhan di injil
Pengkhotbah Muda

Oh, iya ya ya..
Trus, latar belakang bapak sendiri gimana?Apa orang yang emang rajin beribadah hari minggu atau yang biasa aja atau malah anak pendeta atau mungkin pemimpin gereja?Krn banyak tuh katanya yang gituan jadi mualaf..hehe
Edy Prayitno

otrtu saya islam
tetapi sejak kecil saya diasuh paman saya yg pendeta
dia sejak kecil didik saya untuk kelak menjadi pendeta
setamat sma saya dimasukan sekolah tinggi alkitab
Pengkhotbah Muda

dan bergelar STh sekarang?
Pengkhotbah Muda

dan bergelar STh sekarang?
Pengkhotbah Muda

ohhh....makin menarik.
tp aku liat juga akhi seing debat dgn Kristen, apa ga takut terbalik juga nanti?
Edy Prayitno

iya saya ingin menunjukkan pada kawan2 juga bahwa ajaran kristen lemah
Pengkhotbah Muda

Hmmm..sebenarnya saya ingin belajar keislaman, tp krn aku liat akhy lebih menguasai Kristologi, sekalian deh, mau nanya tentang Kristen dulu.
Apa benar katanya Yesus itu diangkat jadi Tuhan oleh konsili Nicea?
Edy Prayitno

betul.
saya mau of dulu
disambung besok
atau kalau ada waktu lagi
Wassalamualaikum

Sudah jelas bukan??Yang paling kentara adalah tentang konsili nicea. Dia membetulkan saat itu adalah saat pengangkatan Yesus jadi Tuhan.Lets see apa yang sebenarnya terjadi.
Sebenarnya saya selalu ingin menanyakan “Kamu tahu tidak yang kamu bicarakan?”… dalam konteks Konsili Ekumenis (seluruh Gereja di seluruh dunia yg beradab) Pertama di Nicea tahun 325, maka pertanyaannya mungkin bisa diganti dengan “Kamu tahu tidak apa yang sebenarnya terjadi di sana?”

Muslim sering menuduh, Yesus baru diangkat jadi Tuhan pada Nicea 325. Kenyataannya justru tidak demikian. Kedua fraksi yg berseteru (Arius dan Athanasius) justru sama2 percaya bahwa Yesus itu Tuhan!
Dasar argumentasi Arius justru diambil dari 1 Korintus 8:6 bahwa “hanya ada satu Allah saja, yaitu Bapa… dan satu Tuhan saja, yaitu Yesus Kristus”..
Jadi menurut Arius, berdasarkan ayat ini, ada dua yang ilahi, yakni: (1) Allah, yaitu Bapa, dan (2) Tuhan, yaitu Yesus.. pemahaman Arius ini kemudian disambung dengan Yohanes 14:28 yg berkata, “Bapa lebih besar dari pada Aku”..

Atas dasar inilah Arius kemudian mengajarkan bahwa ADA DUA yang ilahi: Bapa dan Yesus dan keduanya terpisah serta yg satu (Bapa) adalah Allah Mahakuasa, sementara Yesus adalah Tuhan Allah yang lebih kecil daripada Bapa.
Yg satu (Bapa) tidak diciptakan (tidak memiliki awal waktu), dan yg lain (Yesus) adalah Allah yang memiliki awal waktu karena telah diciptakan paling pertama oleh Bapa dari ketiadaan.
Arius menulis surat kepada 2 orang Uskup: Eusebius dari Nicomadea dan Eusebius dari Kaisaria, orang-orang dekat Kaisar Konstantin untuk membantunya: “Tapi kami berkata dan telah diajarkan, dan mengajarkan, bahwa Sang Anak tidak diperanakkan, tidak pula diturunkan dari Dzat-Nya (Nya=Bapa), tapi bahwa oleh kehendak dan pemikiran-Nya (Nya=Anak) sendiri Ia (Anak) terbentuk sebelum segala waktu dan zaman SEBAGAI ALLAH YANG SEMPURNA, hanya saja “diperanakkan” dan tak berubah, dan bahwa sebelum Ia diperanakkan, atau diciptakan, atau dimaksudkan, atau dibentuk, Ia pernah tidak ada. Karena Ia tidak diperanakkan.
Kami dianiaya, karena kami mengatakan bahwa Anak memiliki permulaan, tapi Allah (Bapa) tidak memiliki permulaan.” (Peters, Heresy and Authority in Medieval Europe, p. 41, dalamhttp://en.wikipedia.org/wiki/Arianism#Beliefs ).
Jadi walaupun Yesus diciptakan Bapa sebagai Allah yang lebih kecil dari Bapa, tapi ternyata Arius juga percaya bahwa Yesus telah menjadi Allah yang sempurna.

Ajaran Arius akan adanya DUA ALLAH itu kemudian disambung dengan Yohanes 1:3, bahwa “MELALUI FIRMAN dunia ini dijadikan”, maka kesimpulan Arius adalah:
Allah Bapa menciptakan Yesus, kemudian Yesus menciptakan alam semesta.

Jadi selain ada DUA YANG ILAHI, menurut Arius juga ada DUA PENCIPTA.
Sejarawan Philip Schaff yang mengutip dari sejarawan abad ke-4, Eusebius dari Kaisaria (yang juga adalah suporter dari Arius), menuliskan bahwa Arius: “mengajarkan bahwa Kristus, walaupun Ia adalah Pencipta dunia, tapi Ia sendiri adalah makhluk ciptaan Allah, sehingga Ia tidak sepenuhnya ilahi” (Schaff, “History of the Christian Church”, 3:9:119).

Jadi Arius mengajarkan ada 2 ilah pencipta dunia, yakni: Bapa (yang tidak diciptakan) dan Yesus (ilah yang diciptakan Bapa). Ini semua berangkat dari kesalahan Arius mengartikan “Firman diperanakkan” sebagai “Firman diciptakan”.
Tentu saja ini melanggar tauhid, entah itu tauhid rububbiyah (keesaan Dzat / esensi keilahian) dan tauhid uhuliyyah (keesaan kepenguasaan atas semesta).

Ajaran Arius ini dibantah oleh Alexander (Patriarkh / Paus Gereja Alexanderia Mesir dan seluruh Afrika) yang kemudian diteruskan oleh muridnya, Athanasius, yg pada waktu itu adalah Diaken / Pendeta muda pembantu Patriakh Alexander. Athanasius berargumentasi bahwa HANYA ADA SATU DZAT / ESENSI KEILAHIAN (Ulangan 6:4), sehingga HANYA ADA SATU PENCIPTA dan satu Pencipta tersebut TIDAK MEMBUTUHKAN BANTUAN DARI YANG LAIN (Yesaya 44:24).
Bahwa “Bapa lebih besar dari Yesus” haruslah dilihat dalam konteks inkarnasi, bahwa kedagingan Yesus sebagai hasil inkarnasi Sang Firman memang lebih rendah dari Bapa, namun dalam kodrat pra-ada-Nya sebagai Firman, Firman itu adalah SATU adanya dengan Sang Bapa (Yohanes 10:30) dan SETARA dengan Sang Bapa (Filipi 2:6). Dengan demikian, kejamakan dalam Diri Allah dapat dijelaskan sambil tetap mempertahankan keesaan-Nya.
Jadi Konsili Nicea sama sekali tidak memperdebatkan KETUHANAN YESUS. Arius percaya lagi kalo Yesus itu Tuhan, hanya saja yang dipermasalahkan adalah apakah Yesus ini Tuhan yg diciptakan atau tidak diciptakan, apakah Yesus ini dari Dzat / esensi keilahian yang sama dengan Bapa ataukah dari Dzat keilahian yang berbeda kualitasnya. Ini lho permasalahannya…

Jadi buat muslimers yg note ini anda tujukan, anda harus tanya ke mereka: “NGARTI KAGAK SIH LOE ADA APA DI NICEA 325?”

  Dan ini kadang yang membuat aku tidak terlalu heran kalau ada orang yang muallaf, krn pasti kualitasnya sama, mau siapa kek itu.DAN KEPADA MUSLIM YANG SELALU MENGANDALKAN ARGUMEN SEPERTI INI, SEMOGA SEMAKIN PAHAM, DAN ARGUMEN BODOH SEPERTI INI TIDAK TERULANG LAGI.

nb : DISKUSI DENGAN FEI-FEI https://www.facebook.com/notes/pengkhotbah-muda/diskusi-dengan-fei-fei-feiri-ngakunya-mualaf/344587035637243
DISKUSI MENJELASKAN KETUHANAN YESUS https://www.facebook.com/notes/pengkhotbah-muda/jesus-is-god-contoh-diskusi-menjelaskannya/351083188320961

23 comments:

  1. TUHAN nya KRISTENER kadang kadang ADA DUA
    (Markus 16:19) Sesudah TUHAN YESUS berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Ia ke sorga, lalu duduk di sebelah kanan ALLAH.
    Salah satu Tuhannya Kristener yaitu ROH KUDUS menghamili bunda MARIA
    (Matius 1:18) Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia MENGANDUNG dari ROH KUDUS, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri.

    ReplyDelete
  2. TUHAN nya KRISTENER kadang kadang ADA DUA
    (Markus 16:19) Sesudah TUHAN YESUS berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Ia ke sorga, lalu duduk di sebelah kanan ALLAH.=======================================
    terimakasih atas kunjungan anda. Saya akan menanggapi komentar anda. Bahwasanya Tuhan Kristen itu, yakni Bapa, Putera, dan Roh Kudus adalah esa, dan hakekatnya sama. Yang anda permasalahkan dalam ayat itu adalah: bagaimana mungkin dua tokoh dalam tempat berbeda melakukan aktivitas yang berbeda pula dalam waktu yang bersamaan??
    Nah, disinilah bukti bahwa ke Maha hadiran Tuhan sungguh nyata, bahwa sementara dalam tubuh duniawi, dengan ke Maha hadiran Tuhan, ia bisa sekaligus berada dalam tempat lain. Dengan konsep bahwa Yesus adalah Tuhan yang mengenakan tubuh duniawai.

    Tentang kata menghamili tadi, artinya masih ambigu. Benar menghamili jika artinya adalah membuat hamil dengan cara yang ilahi, bukan dengan menyetubuhi. Smoga mengerti.
    Syalom

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Yesus DUDUK DISEBELAH KANAN Tuhan Allah Bapa
      Yesus adalah sebuah individu dan tuhan menurut kalian
      Allah Bapa juga sebuah individu dan tuhan
      Satu tuhan ditambah dgn satu tuhan adalah DUA tuhan dong !
      Lho kenapa begitu ?
      Karena mereka berdua kan duduk bersebelahan ......
      Ha ?
      .
      Soal ROH KUDUS menghamili MARIA, gak usah bilang ambigu segala, orang awam yg baca sudah jadi bingung dibuatnya .....
      Soalnya ya memang tulisannya begitu dalam Bible kok !
      Tapi klo nanti ada yg tanya kok tuhan nulis nya gitu? Ah anda saja yg pikirannya kotor kali dan tidak mengerti bahasa berhitung tuhan serta tidak pandai dlm mengambil kesimpulan ?
      Lha trus mesti gimana dong kami ? Maka apa jawab kalian kemudian ? .... Eit .... jangan banyak tanya, i m a n i saja ....... ......
      Ha ?

      Delete
    3. Semakin tidak jelas, tadinya satu, jadi tiga, sekarang dua. Tuhan itu maha segalanya, tidak bergantung pd makhluk ciptaannya. Maha suci Engkau ya Allah dari apa yg mereka sangkakan

      Delete
  3. Apapun anda bicara tentang ke-Ilahian Yesus maka anda semakin tidak mengerti karena Yesus adalah Tuhan sehingga pikiran manusia tak akan pernah menjangkau Tuhan. Tetapi saya percaya bahwa hanya Yesus satu-satunya jalan menuju sorga, sebab nantinya pada hari kiamat semua manusia akan dihakimiNya. Apa ada manusia mempunyai kuasa seperti DIA...???? Bagi mereka yang tidak percaya padaNya akan binasa..!! Selamat berfikir..!

    ReplyDelete
    Replies
    1. YESUS ADALAH TUHAN ?
      .
      Mana ayatnya yg mengatakan secara letterlijk bahwa Yesus adalah tuhan dan Yesus berkata dan memerintahkan manusia : Sembahlah aku !
      Silahkan tunjukkan mana juga ayatnya klo Yesus itu punya kuasa ?
      Sekalian deh biar lengkap, tunjukkan ayatnya dlm Bible klo semua manusia tidak percaya kpd Yesus sbg tuhan akan binasa ?
      .
      Kami akan trus berpikir dan menunggu balasannya ......
      .

      Delete
    2. Benar bahwa pd hari akhir nanti Yesus akan datang kembali untuk menghakimi sekaligus memberikan kesaksian, akan tetapi seperti yg diuraikan oleh Alkitab sendiri, mengapa pd hari itu banyak umat Kristen yg mengaku i diri Yesus sebagai Tuhan diusirnya. Bukan umat Islam, umat Hindu , Budha atau yg lainnya.

      Delete
  4. 1. Konsili NICEA PERTAMA (325 M),
    terutama untuk memberantas ajaran Arianisme, paham yang MENOLAK Yesus sebagai Allah. Yesus adalah manusia dan BUKAN Bapa. Dari Konsili Nicea Pertama ini lahir Syahadat Nicea yang membantah Arianisme dengan ungkapan kredo ”Allah dari Allah, Terang dari Terang, Allah benar dari Allah Benar”.
    .
    “YESUS " DIANGKAT menjadi TUHAN" pada tahun 325M.

    ReplyDelete
  5. 2. Konsili KONSTATINOPEL yang PERTAMA (381 M), memperbaiki ungkapan Syahadat Nicea. Disini unsur ketuhanan ROH KUDUS ditetapkan sehingga formasi TRINITAS menjadi sempurna, dengan deskripsi tentang Roh Kudus: ”Aku percaya akan ROH KUDUS, Ia TUHAN yang menghidupkan; Ia berasal dari Bapa Putra, Yang serta Bapa dan Putra, disembah dan dimuliakan. Ia bersabda dengan perantaraan para nabi”

    ReplyDelete
  6. 3. Konsili EFESUS (431 M), menghasilkan doktrin Bunda MARIA sebagai BUNDA ALLAH (theotokos). Ini adalah sebuah konsekwensi dari Pengkatan Yesus sebagai Tuhan pada Konsili Nicea Pertama. Doktrin ini sekaligus juga menguatkan penolakan terhadap paham Arianisme.

    ReplyDelete
  7. 4. Konsili CHALCEDON (451 M), dalam konsili ini diputuskan untuk menyingkirkan gereja-gereja timur karena perbedaan pendapat yang mendasar tentang karakteristik Yesus. Gereja-gereja Timur mengikuti paham Arianisme yang menganggap Yesus adalah manusia, sub-ordinat dari Allah dan bukan Allah itu sendiri. Disingkirkannya Gereja Alexandria (Iskandariah) dan pemberian kekuasaan tambahan pada gereja Bizantium.
    Doktrin yang dihasilkan dari konsili ini adalah doktrin YESUS adalah sungguh-sungguh ALLAH dan sungguh-sungguh MANUSIA. (YESUS DIANGKAT sebagai 100 persen MANUSIA dan 100 persen ALLAH)

    ReplyDelete
  8. 5. Konsili KONSTATINOPEL yang KEDUA (553 M), menghasilkan doktrin yang menganggap NESTORIANISME sebagai ajaran yang keliru. Nestorianisme mengajarkan bahwa esensi kemanusiaan dan esensi keilahian Kristus itu terpisah dan oleh karena itu ada dua pribadi, yakni pribadi manusia Yesus Kristus, dan pribadi Logos (putra Allah) yang ilahi, yang berdiam dalam manusia Yesus Kristus itu. Sebagai konsekuensinya, kaum Nestorian menolak adanya istilah-istilah seperti "Allah menderita" atau "Allah telah disalibkan", karena kemanusiaan Yesus Kristus yang menderita itu terpisah dari keilahiannya. Demikian pula mereka menolak istilah Theotokos (Yang Melahirkan Allah/Bunda Allah) sebagai gelar Maria, sebaliknya mereka mengajukan gelar Kristotokos (Yang Melahirkan Kristus/Bunda Kristus), karena dalam pandangan mereka Maria hanya melahirkan pribadi manusia Yesus, bukan pribadi ilahinya.

    ReplyDelete
  9. 6. Konsili KONSTATINOPEL yang KETIGA (680 M), konsili ini digelar untuk mengakhiri kesesatan Monothelitisme, sebuah paham yang meyakini bahwa Yesus memiliki satu karakter ketuhanan dan tak ada padanya satu kehendakpun selain kehendak tuhan. Konsili ini memutuskan bahwa YESUS memiliki dua karakter dan dua kehendak. KEHENDAK ILAHI dan KEHENDAK MANUSIA.

    ReplyDelete
  10. 7. Konsili NICEA yang KEDUA (787 M), menghasilkan kesepakatan untuk penggunaan GAMBAR GAMBAR kudus dan PATUNG PATUNG (icon) dalam kekristenan. Penggunaan icon ini sempat dihentikan pada tahun 754 M, karena sebagian besar Gereja-gereja Timur berada di bawah naungan Islam. Di mana ajaran Islam melarang penggunaan patung-patung, gambar-gambar manusia dan hewan. Karena pengaruh Islam inilah konsili Nicea diselenggarakan untuk mencegah tersebarnya Islam dan tuntutan konsili untuk memeranginya dengan berbagai cara.
    .
    Secara umum ketujuh Konsili ini yang menjadi doktrin dasar kekristenan hingga dewasa ini. Sesudah itu masih ada sangat banyak konsili-konsili, tetapi ada yang tidak diterima oleh Gereja Ortodoks Timur dan ada yang tidak diterima Gereja Katolik Roma. Tetapi beberapa Konsili Gereja Katolik Roma yang penting di antaranya adalah Konsili-konsili Lateran, yang memutuskan status selibat untuk para imam dan uskup dan doktrin transsubstansiasi (roti dan anggur sesudah konsekrasi/penyatuan Tubuh dan Darah Kristus).

    ReplyDelete
  11. 20. Konsili VATIKAN I (1869-1870 M)
    Konsili digelar untuk mnghadapi era modern dan ilmu-ilmu pengetahuan yang menyingkap penyimpangan Bibel dan kebenarannya. Konsili memutuskan in-fallibilitas Paus (kemustahilan Paus berbuat salah) saat berbicara secara excathedra, yaitu ketika sebagai gembala dan guru dari semua umat kristus, Paus kembali mendefinisikan doktrin mengenai iman dan moral untuk di-pegang oleh seluruh gereja. Ini menimbul-kan perpecahan baru gereja.

    21. Konsili VATIKAN II (1962-1965 M)
    Ini konsili pertama yang mengambil sikap menyerang kesalahan seluruh level dan mengambil keputusan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

    Poinnya antara lain:
    • Memaksa akidah Katolik ke seluruh dunia.
    • Membasmi sistem pemerintahan komunis karena dianggap atheis.
    • Membasmi Islam dan kaum Muslim di bawah slogan 'berdialog dengan agama-agama selain Kristen'.
    • Meminta bantuan orang-orang sekuler sebagai alat spionase bagi tokoh-tokoh pendeta dan sekaligus sebagai penginjil.
    • Aktivitas penginjilan untuk orang-orang non-Kristen.

    Ide yang paling penting dalam konsili ini adalah KRISTENISASI DUNIA.[]

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau begitu siapa yg lebih pantas dikatakan sebagai "TERORIS" memaksakan kehendanya sendiri secara paksa. Mengaku sebagai pembela hak azasi tapi hatinya sangat kotor, saya yakin Yesus tidak mengajarkan hal2 yg demikian, beliau adalah salah satu nabi yg dimuliakan oleh umat Islam.

      Delete
  12. KRISTEN ITU AGAMA ABAL2. TUHANNYA GANTI2 SESUAI SELERA PEMIMPINNYA.
    TUHAN KRISTEN NGGAK JELAS.

    ANDAI ADA ORANG KRISTEN BERUMUR PANJANG. MISAL ORANG KRISTEN BERNAMA PIETER LAHIR TH 300M MAKA MASIH MENGALAMI TUHAN KRISTEN MASIH ALLAH. KETIKA PIETER BERUMUR 25TH TUHAN KRISTEN TELAH BERUBAH YAITU TUHAN ALLAH DAN TUHAN JESUS. KARENA JESUS DILANTIK MENJADI TUHAN PADA 20 MEI 325 M. KETIKA PIETER TELAH BERUMUR 81 TH TUHAN KRISTEN BERUBAH LAGI MENJADI TUHAN ALLAH TUHAN JESUS DAN TUHAN ROH KUDUS. KARENA ROH KUDUS DILANTIK MENJADI TUHAN TH 381 M.

    JIKA PIETER MASIH HIDUP SAMPAI SEKARANG PASTI AKAN SELALU BILANG KEPADA SESAMA JEMAAT BAHWA DALAM USIAKU KE 81 TH TUHANKU TELAH BERUBAH TIGA KALI.
    HELULUDAAAAAAAAAAAAH.

    ReplyDelete
    Replies
    1. SEJARAH PENUHANAN JESUS-TRINITAS.
      Kepercayaan TRINITAS bukan berasal dari ajaran Tuhan dan bukan ajaran dari Jesus. TRINITAS ADALAH REKAYASA MANUSIA. Penuhanan Jesus merupakan keputusan rapat gereja/konsili yang diadakan di Nicea pada 20 Mei 325 masehi. Konsili dipimpin oleh Kaisar Konstantin dan dihadiri ratusan pastor. Hasil konsili diputuskan antara lain Jesus adalah anak Tuhan dan dianggap juga Tuhan. Kesamaan zat antara Sang Anak dengan Sang Bapa. Mulai saat itu ada sebutan Tuhan Bapa dan Tuhan Anak tetapi diakuinya satu juga.

      Kemudian dalam konsili Konstatinopel yang dipimpin Kaisar Theodosius pada tahun 381 melantik juga Ruhul Kudus menjadi Tuhan . Sejak saat itu mulai ada sebutan Sang Bapa – Sang Putera – Sang Ruh Kudus. Patri-Vilii-et Spiritus Sancti. TRINITAS timbulnya tahun 381 masehi. Sebelum tahun 381 masehi penganut agama Kristen tidak mengenal TRINITAS dan mereka hanya mengenal satu Tuhan yaitu Allah. De Godsdienst v.d. Koeran tulisan Arthur N Wollaston” Ook de christinen vereeden een God. Marsinds de algemeene kerk vergadering in 381 te Konstatinopel gehouden was onder hen geldig de leer van de Drieeen heids Gods/Juga orang orang Kristen dahulu memuliakan Tuhan yang Tunggal akan tetapi setelah rapat gereja yang dilangsungkan di Konstantinopel tahun 381 berlakulah TRINITAS atas mereka”.

      Di Bibel/Alkitab juga disebutkan Tuhan itu Esa.

      Ulangan 4:35 ”maka kepadamulah ia itu ditunjuk supaya diketahui olehmu bahwa Tuhan itu Allah. Dan kecuali Tuhan yang Esa tiada yang lain lagi.

      Markus 12:29 ”Maka jawab Jesus kepadanya, hukum yang terutama inilah, dengar olehmu hai Israil adapun Allah Tuhan kita. Dialah Tuhan yang Esa”.

      Matius 7:21 ”Bukan orang yang menyeruku Tuhan Tuhan akan masuk kerajaan sorga”.
      Jesus sendiri marah sampai mengeluarkan kata kata ancaman, barang siapa menganggap Jesus sebagai Tuhan tempatnya bukan di sorga tetapi di neraka.

      Kemudian Jesus berkata, yang tidak mengaku Jesus Kristus telah datang sebagai manusia adalah penyesat dan anti Kristus ”2Johanes 1:7.

      Ayat itu tidak dapat diputar putar lagi siapapun apakah pendeta, pastur, pimpinan gereja, atau umat Kristen yang menganggap Jesus sebagai Tuhan adalah penyesat dan anti Kristus.

      DOKTRIN TRINITAS DIBANTAH JESUS.
      Johanes 14:9-10 ”Siapa yang sudah nampak Aku ia sudah nampak Bapa. Tiadalah engkau percaya AKU DIDALAM BAPA dan BAPA DIDALAM AKU. Segala perkataan yang aku katakan kepadamu bukanlah Aku katakan dengan kehendak sendiri melainkan Bapa itu yang tinggal didalam Aku. Dia mengadakan segala perbuatan itu”.
      Johanes 17:23 ”AKU DIDALAM MEREKA dan ENGKAU DIDALAM AKU supaya MEREKA itu SEMPURNA DIDALAM PERSEKUTUAN”.

      Kata ”aku didalam mereka itu” yang dimaksud dengan aku adalah Jesus sedangkan mereka adalah murid murid /sahabat Jesus yang 12 orang. Lukas 9:1 ”Maka Jesus memanggil kedua belas muridnya”. Matius 10:2-4 ”Simon Petrus – Andreas –Yakobus - Yohanes - Filipus - Bartolomeus - Tomas - Matius - Yakobus Alfeus - Tadeus - Simon Zelot - Yudas Iskariot adalah murid murid/sahabat Jesus.

      AKU DIDALAM MEREKA artinya Jesus MENYATU dengan murid muridnya.

      JADI TUHAN MENYATU DENGAN JESUS DAN JESUS MENYATU DENGAN MURID MURIDNYA.

      Kalau umat Kristen percaya kesatuan Jesus dengan Bapa maka umat Kristenpun harus percaya kesatuan Bapa dengan 12 murid murid Jesus karena 12 murid murid menyatu dengan Jesus. Bukan Jesus dan Roh Kudus saja yang bersatu dengan Bapa tetapi harus ditambah dengan 12 murid murid Jesus.

      Ini namanya PERSEKUTUAN TUHAN atau TUHAN PERSEKUTUAN. PERSATUAN TUHAN atau TUHAN PERSATUAN. Bukan TRINITAS tetapi LIMABELASNITAS.

      Delete
  13. Bingung dng kalimat "Tuhan yg diciptakan" mksdnya ada anggapan ada Tuhan KW1 dan KW super gtu? Tuhan ya Tuhan bersifat absolut atas segalanya yg bersifat kemanusiaan dan ke"mahkluk"an

    Klo msh ada Tuhan dr agama apapun dan manapun yg msh memiliki sifat ke"mahkluk"an ya itu bkn Tuhan

    Krn esensi Tuhan itu ga pnya kelemahan yg digambarkan memiliki sifat ke"mahkluk"an

    ReplyDelete
    Replies
    1. Shalom, terima kasih atas kunjungan anda. Kata "Tuhan yang diciptakan" adalah kata yang digunakan oleh Arianisme, bukan oleh Kristen. Sejatinya, dalam Kristen, Yesus yang adalah Tuhan, bukan diciptakan, tetapi "nuzul" dalam rupa manusia.
      Yang harus Saudara pahami adalah, bahwa pribadi Yesus di dunia memiliki dua nature, yakni Nature Manusia dan Nature Ilahi.
      Nature ilahi nya itu lah yang absolut atas segalanya.
      Kita harus bisa memahami perbedaan pribadi dan esensi dan nature.

      Delete
  14. lho...??? yang punya blog mana...???
    ga bisa kasih komen apa-apa lagi nih...???

    ReplyDelete
  15. bingung....katanya Tuhan itu Esa,,??

    ReplyDelete