Saturday 29 March 2014

ILUSTRASI KRISTEN- BERBAGI BUAH ROH

Bacaan : 1 Kor 12:27-13, 13:1-7.13, Gal 5:22-23

Kita coba memahami makna bacaan ini dengan ilustrasi pohon.
Ada pohon yang berbuah(lingkungan subur) dan ada yang tidak berbuah (lingkungan kurang subur). Dari mana datang buah-buah Roh yang disebut dalam Kitab Suci??
Mengapa buah Roh sulit untuk kita hasilkan dalam kehidupan sehari-hari??
Apa saja hambatan yang kita hadapi??

Apakah kita dapat mengatasi hambatan itu seorang diri??

Ibarat pipa atau keran, kita tidak bisa menerima jika kita tidak membukan dan membiarkan rahmat mengalir dari kita.

Jadi, maksud ayat di atas adalah,
*Setiap orang mempunyai karisma, karunia dan talenta dan dapat melakukan banyak hal dalam hidupnya. Namun, kita harus membagi rahmat itu agar hidup kita itu betul-betul bermakna, sehingga kita dapat mengatakan: " Tuhan, Kau telah menciptakan aku dengan segala potensiku. Terimalah yang terbaik dariku"

Mari kita lebih memahami dengan ilustrasi berikut, yakni tentang Laut Mati dan Laut Galilea.
Di Palestina terdapat dua laut yang sangat terkenal, yaitu Laut Galilea dan Laut Mati. Selain keduanya sama-sama terkenal, keduanya pun di aliri oleh air dari mata air yang sama, yakni mata air sungai Yordan.

Sungguhpun demikian, keduanya memiliki perbedaan yang mencolok. Laut Galilea dikagumi banyak orang karena pemandangan di sekitarnya sangat indah, Bunga-bunga tumbuh subur di sana, ikannya banyak dan bermacam-macam, anak-anak kecil seringkali berenang di sana karena airnya yang jernih. Namun, Laut Mati di jauhi orang. Tidak satu pun binatang laut hidup di sana. Airnya sangat asin, dan hawa di sekitarnya sangat panas.

Mengapa demikian?? Karena Laut Galilea menerima dari mata air Sungai Yordan dan mengalirkannya ke laut lepas. Laut Mati juga menerima dari mata air Sungai Yordan, tetapi tidak mengalirkannya ke mana pun juga.

Bagi kita umat beriman, alam memberikan banyak pelajaran berharga. Untuk itu, hendaklah kita, satu sama lain, saling memberi dan menerima agar kita dapat hidup dan berguna bagi sesama kita. Kita telah menerima Roh Kudus, hendaknya kita juga dapat memanfaatkannya bagi orang lain.

Tuhan Yesus memberkati.. :)

No comments:

Post a Comment