Friday 3 April 2015

APOLOGI PENOLAKAN KEMATIAN YESUS (MAZMUR 91:1-15)


Ada beberapa umat Islam yang menggunakan ayat-ayat di dalam Mazmur 91:1-15 untuk membantah tentang kematian Yesus  dengan pemahaman bahwa ayat di dalam Maz 91 tersebut adalah nubuatan untuk Yesus.

Di bawah ini adalah tuduhan-tuduhan mereka:


Mazmur/ Psalm 91 menolak klaim atas penyaliban terhadap Yesus karena:
a. Allah mendengar tangisannya, doanya, dan menghilangkan rasa takutnya (Mazmur 91:15, 5, 3) dan menyelamatkannya dari penangkapan (Mazmur 91:3).

"(15) Bila ia berseru kepada-Ku, Aku akan menjawab, Aku akan menyertai dia dalam kesesakan, Aku akan meluputkannya dan memuliakannya. (5) Engkau tak usah takut terhadap kedahsyatan malam, terhadap panah yang terbang di waktu siang, (3) Sungguh, Dialah yang akan melepaskan engkau dari jerat penangkap burung, dari penyakit sampar yang busuk. Engkau tak usah takut terhadap kedahsyatan malam, terhadap panah yang terbang di waktu siang."

b. Tak ada malapetaka yang akan menimpa Yesus, apalagi kematian melalui penyaliban!

 (Mazmur 91:10). "(10) Malapetaka tidak akan menimpa kamu, dan tulah tidak akan mendekat kepada kemahmu"

c. Yesus bahkan menonton pada saat orang yang mirip dengannya disalibkan (Mazmur 91:8). "(8) Engkau hanya menontonnya dengan matamu sendiri dan melihat pembalasan terhadap orang-orang fasik."

d. Allah akan menurunkan para malaikat untuk melindungi dan mengangkatnya

(Mazmur 91:11-12, 14). "
(11) Sebab malaikat-malaikat-Nya akan diperintahkan-Nya kepadamu untuk menjaga engkau di segala jalanmu. (12) Mereka akan menatang engkau di atas tangannya, supaya kakimu jangan terantuk kepada batu. (14) Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku"

e. Yesus hidup panjang umur dari sejak dilahirkan sampai akhir zaman saat ia turun kembali ke bumi

(Mazmur 16). "(16) Dengan panjang umur akan Kukenyangkan dia, dan akan Kuperlihatkan kepadanya keselamatan dari pada-Ku."
=====

Pembahasan:

1.Tidak semua ayat-ayat dalam  PL adalah ayat-ayat nubuatan mesianik. Sedangkan ayat-ayat yang bersifat nubuatan perlu juga dibedakan apakah berupa single prophecy, double prophecy atau typology.

Mazmur 91 merupakan ayat-ayat yang bersifat pengajaran tentang pemeliharaan Allah bagi orang percaya. Pengajaran ini paralel dengan banyak bagian Alkitab lainnya. Ayat2 ini bukan secara khusus berbicara tentang nubuatan-nubuatan mesianik. Perhatikan ayat pembukanya yang menyebut orang yang berlindung & percaya kepada TUHAN


Maz 91:1-2 Orang yang duduk dalam lindungan Yang Mahatinggi.. akan berkata kepada TUHAN: "Tempat perlindunganku dan kubu pertahananku, Allahku, yang kupercayai."

Maz 91:5 Engkau tak usah takut terhadap kedahsyatan malam, terhadap panah yang terbang di waktu siang,


Ayat ini paralel dgn pengakuan iman Daud bahwa dia tidak takut kepada siapapun & dalam hal apapun.


Maz 27:1 Dari Daud. TUHAN adalah terangku dan keselamatanku, kepada siapakah aku harus takut?


Daud adalah salah satu orang percaya dan deskripsi pemeliharan Tuhan dalam Mazmur 91 juga cocok dengan Daud. Tidak ada konsep orang Yahudi bahwa Daud adalah Sang Mesias

Maz 91:15 Bila ia berseru kepada-Ku, Aku akan menjawab, Aku akan menyertai dia dalam kesesakan, Aku akan meluputkannya dan memuliakannya.


Ayat ini paralel dengan ayat berikut:  

Maz 37:40 TUHAN menolong mereka dan meluputkan mereka, Ia meluputkan mereka dari tangan orang-orang fasik dan menyelamatkan mereka, sebab mereka berlindung pada-Nya.

 Apakah orang2 yang diselamatkan dari orang2 fasik adalah mesias-mesias?


Maz 91:16 Dengan panjang umur akan Kukenyangkan dia, dan akan Kuperlihatkan kepadanya keselamatan dari pada-Ku."
Ayat ini paralel dgn ayat2 berikut


Ams 3:13 Berbahagialah orang yang mendapat hikmat, ..ay 16 Umur panjang ada di tangan kanannya, di tangan kirinya kekayaan dan kehormatan


Maz 50:23 Siapa yang mempersembahkan syukur sebagai korban, ia memuliakan Aku; siapa yang jujur jalannya, keselamatan yang dari Allah akan Kuperlihatkan kepadanya."

Hal menarik kita perhatikan pada ayat 11 & 12


Maz 91:11 sebab malaikat-malaikat-Nya akan diperintahkan-Nya kepadamu untuk menjaga engkau di segala jalanmu.
Maz 91:12 Mereka akan menatang engkau di atas tangannya, supaya kakimu jangan terantuk kepada bat

Ayat ini sebenarnya juga berkaitan dengan pemeliharaan Tuhan


Maz 37:24 apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab TUHAN menopang tangannya.


Ams 3:23 Maka engkau akan berjalan di jalanmu dengan aman, dan kakimu tidak akan terantuk.

Namun oleh Iblis, ayat ini diputarbalikkan dengan mencomot ayat ini lepas dari konteksnya dan menerapkan sesuai keinginannya untuk mencobai Yesus.


Mat 4:5 Kemudian Iblis membawa-Nya ke Kota Suci dan menempatkan Dia di bubungan Bait Allah,
Mat 4:6 lalu berkata kepada-Nya: "Jika Engkau Anak Allah, jatuhkanlah diri-Mu ke bawah, sebab ada tertulis: Mengenai Engkau Ia akan memerintahkan malaikat-malaikat-Nya dan mereka akan menatang Engkau di atas tangannya, supaya kaki-Mu jangan terantuk kepada batu."
Mat 4:7 Yesus berkata kepadanya: "Ada pula tertulis: Janganlah engkau mencobai Tuhan, Allahmu!"

2. Defenisi nubuatan/prophecy secara sederhana diartikan sebagai ramalan atau prediksi tentang peristiwa yang akan terjadi di masa akan datang. Namun dalam konteks pewahyuan Allah nubuatan adalah deskripsi peristiwa akan datang yang PASTI AKAN TERJADI. Berbeda dgn ramalan2 manusia yg tdk pasti kalau ada yg cocok itupun hanya kebetulan atau sengaja dicocok-cocokan

Sekarang kita lihat kembali peristiwa pencobaan tsb.


Mat 4:5 Kemudian Iblis membawa-Nya ke Kota Suci dan menempatkan Dia di bubungan Bait Allah,
Mat 4:6 lalu berkata kepada-Nya: "Jika Engkau Anak Allah, jatuhkanlah diri-Mu ke bawah, sebab ada tertulis: Mengenai Engkau Ia akan memerintahkan malaikat-malaikat-Nya dan mereka akan menatang Engkau di atas tangannya, supaya kaki-Mu jangan terantuk kepada batu."
Mat 4:7 Yesus berkata kepadanya: "Ada pula tertulis: Janganlah engkau mencobai Tuhan, Allahmu!"

Iblis mengutip Maz 91:11-12, namun kutipan dari ayat ini tidak terpenuhi karena Yesus tidak menjatuhkan diri-Nya. Ini berarti ayat tersebut bukanlah nubuatan. Iblis merujuk pada ayat2 PL dengan pernyataan "ada tertulis" merupakan usaha Iblis MEMANIPULASI ayat Alkitab. Padahal ayat2 tersebut tidak bermakna seperti itu.

Sekarang bandingkan dengan kejadian sebelumnya


Mat 4:3 Lalu datanglah si pencoba itu dan berkata kepada-Nya: "Jika Engkau Anak Allah, perintahkanlah supaya batu-batu ini menjadi roti."
Mat 4:4 Tetapi Yesus menjawab: "Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah."

Berbeda dengan Iblis, kutipan Yesus terhadap ayat PL memang tepat dan memang Dia tidak menuruti permintaan Iblis untuk membuat batu itu menjadi roti.


Ul 8:3 ... bahwa manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi manusia hidup dari segala yang diucapkan TUHAN.

Maksud kalimat "memanipulasi firman Tuhan" harus dipahami dalam konteks peristiwa pencobaan tersebut. Artinya ayat-ayat firman Tuhan itu disalahartikan atau dimanipulasi maknanya oleh Iblis. Selain memanipulasi "makna" Iblis juga bisa memanipulasi "redaksi" firman Tuhan seperti yang terjadi dalam peristiwa di taman Eden.

Kej 3:1 Adapun ular ialah yang paling cerdik dari segala binatang di darat yang dijadikan oleh TUHAN Allah. Ular itu berkata kepada perempuan itu: "Tentulah Allah berfirman: Semua pohon dalam taman ini jangan kamu makan buahnya, bukan?
Kej 3:2 Lalu sahut perempuan itu kepada ular itu: "Buah pohon-pohonan dalam taman ini boleh kami makan,
Kej 3:3 tetapi tentang buah pohon yang ada di tengah-tengah taman, Allah berfirman: Jangan kamu makan ataupun raba buah itu, nanti kamu mati."

Firman Tuhan menyebutkan hanya satu buah pohon yang dilarang dimakan sedangkan yang lain boleh dimakan. Namun oleh Iblis dimanipulasi bahwa semua pohon tidak boleh dimakan.

======
Kesimpulan:
1. Mazmur 91 bukan secara khusus bersifat nubuatan mesianik, namun merupakan pengajaran tentang pemeliharaan Allah bagi orang-orang percaya.

2. Mengingat pengertian nubuatan sebagai "sesuatu hal YANG HARUS dan PASTI TERJADI", dan dengan  TIDAK TERPENUHI nya ayat 11-12 dalam Maz 91 ini ( sebab Yesus TIDAK MENJATUHKAN diri Nya ), TERBUKTI SUDAH bahwa Maz 91 ini BUKAN NUBUATAN untuk Yesus

4 comments:

  1. Mazmur 91 itu nubuat untuk 1 orang, karena disebut 'orang', 'ia', 'dia' atau 'engkau'. Bukannya 'orang2' atau mereka. Jadi tidak tepat kalau itu untuk orang banyak.
    Yang 'Engkau hanya menonton' koq gak dibahas. Justru itu yang gak kalah penting.

    Mohon penjelasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hal tersebut menyangkut gaya bahasa. Adalah wajar, menyatakan hal-hal khusus secara personal untuk disampaikan kepublik.
      Misalnya, kalimat seperti ini.
      Orang yang tegar, Ia tidak akan mudah menyerah.
      Ia dalam kalimat tersebut seolah hanya untuk satu orang, padahal orang yang tegar bisa siapa saja.

      Delete
    2. Lantas kenapa iblis mengutip mazmur 91:12 kepada yesus di MATIUS 4:6
      DISITU IBLIS MENGUTIP MAZMUR 91:12 DITUJUKAN KEPADA SIAPA?? KALO BUKAN KEPADA YESUS??
      JADI KLAIM BANTAHAN ANDA DI ATAS ADALAH SALAH BESAR...

      Delete
    3. DAN JUGA DI DALAM LUKAS 4:9-11
      DIMANA IBLIS MENGUTIP MAZMUR 91 YG DI TUJUKAN KEPADA YESUS (DIMANA IBLIS BERBICARA KEPADA YESUS BUKAN?)

      JADI JELAS SEKALI KLAIM BANTAHAN ANDA DI ATAS SALAH BESAR KALO MAZMUR 91 BUKAN DI TUJUKAN KEPADA YESUS...
      KALO BUKAN LANTAS KENAPA IBLIS MENGUTIP MAZMUR 91 DI DALAM MATIUS 4:6 DAN LUKAS 4:9-11...???

      Delete