Monday 13 August 2012

DISKUSI THEOLOGIS PENGKHOTBAH MUDA DENGAN PDT SOMBRERO SIMANUNGKALIT(ISLAM)


Pengkhotbah Muda
  • Bolehkah saya belajar islam dari anda?
Pdt Sombrero Simangkulangit
  • knapa harus saya? kan, banyak temen2 yang lain yang lebih baik...
Pengkhotbah Muda
Pdt Sombrero Simangkulangit
  • oh yeah, tdk masalah, tidak masalah...
Kemarin
Pengkhotbah Muda
  • ya sudah,langsung aja ya pak?
    Apa sih keistimewaan Islam dan alquran?
Kemarin
Pdt Sombrero Simangkulangit
  • keistimewaannya Islam dan Alquran cuma satu, bahwa Alquran adalah kitab yang berasal asli dari Allah, sedangkan islam adalah Agama asli dari Allah, artinya keduanya bersumber dari Allah.
Kemarin
Pdt Sombrero Simangkulangit
  • Buktinya? Islam memiliki sedikitnya 25 Nabi, dan diantara nabi2 itu adalah Nabi Adam, beliau di juluki Nabi, karena memang beliau islam.

tapi, apakah mungkin islam sudah lahir sejak adam? saya jawab, "SUDAH" karena arti islam secara literal adalah "berserah diri pada tuhan" arti berserah diri adalah "bertobat apabila melakukan kesalahan" - itulah makna Islam. Jelas, kita tahu bahwa Nabi Adam pernah bertobat dan beliau adalah ISLAM
  • Pengkhotbah Muda

apakah maksudnya alquran yg sekarang?
Agama asli dari Allah? Ada
dalilnya pak?
Jika adam jd islam krn bertobat,lantas Pendiri Konfusian jg bertobat,Paulus jg bertobat,tp malah Muhammad tdk pernah bertobat.
Pdt Sombrero Simangkulangit
  • Dalam alquran jelas sekali :

Ali Imran:19
Sesungguhnya agama yang diridhai disisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya. z

Muhammad tidak pernah bertobat? siapa bilang? Justru muslim diajarkan membaca Istigfar adalah bentuk tobat ajaran nabi.

Agama kristen BUKAN dari Yesus.
Agama kristen BUKAN dari ALLAH.

Itu asli karangan manusia, lihat saja kitabnya, isinya karangan manusia semua....sedangkan alquran, isinya adalah 100% Firman Allah. jelas beda.
Pengkhotbah Muda
  • diridhai disini maksudnya apa?
    Ayat2 Allah dalam ayat tu masudnya apa,apakah Taurat,injil,dan Zabur termasuk?
    Mana ayat dimana Muhammad bertobat?

Apakah dgn mengatakan istighfar aja udah dianggap tobat?
Pdt Sombrero Simangkulangit
  • -Di ridhoi = di restui
    -Jelas, Taurat, Zabur dan Injil juga termasuk. Tuarat & Injil BUKAN PL dan PB yang sekarang milik Kristen, tapi bener2 kitab asli dari Allah. PL dan PB itu kitab karngan manusia. karena kalau disebut kitab suci harus 100% Firman Allah, BUKAN tulisan manusia.


-"Dan bertobatlah kamu sekalian kepada Alllah,hai orang-orang yang beriman,supaya kamu beruntung."
An-Nur:31

-: "Dan hendaklah kamu minta ampun kepada Tuhanmu dan bertobatlah kepada-Nya." (Hud : 3)

- "Hai orang-orang yang beriman,bertobatlah kepada Allah dengan tobat yang semurni-murninya."
Pengkhotbah Muda
  • diridhoi..apakah umatnya jg otomatis diridhoi? Adadalilnya?
    Mana ayat Muhammad bertobat?
Pdt Sombrero Simangkulangit
  • kamu itu memaksa meminta ayat2 dalam alquran tentang "muhammad bertobat" - diatas sudah saya berikan ayat2 itu, dan ucapan tobat dalam ayat itu untuk semua manusia, termasuk muhammad.
Kemarin
Pengkhotbah Muda
  • Bertobatlah..
    bukankah itu kalimat perintah,bukan pernyataan. Entah di hadis atau alquran,mana pernyataan Muhammad telah bertobat.
Kemarin
Pengkhotbah Muda
  • Bertobatlah..
    bukankah itu kalimat perintah,bukan pernyataan. Entah di hadis atau alquran,mana pernyataan Muhammad telah bertobat.
    Dan bgaimana kalian bisa disebut mengimani Taurat sementara tdk ada isi Taurat dan injil tertulis di Alquran.? Taurat yg mana kalian imani klo seperti itu.

Di Taurat ada 10 perintah Allah,apa aja sih isinya?
Pdt Sombrero Simangkulangit
  • 10 Hukum Taurat Yang ada dalam AL-QUR'AN

1. Tiada Tuhan selain Allah SWT : Qs. Al-hasyr 23. Dialah Allah SWT Yang Tiada Tuhan selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan Keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang M...aha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala Keagungan, Maha Suci Allah SWT dari apa yang mereka persekutukan.

2. Jangan menyembah berhala : Qs. Al-Baqarah 22. Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah SWT [30], padahal kamu mengetahui.[30]. Ialah segala sesuatu yang disembah di samping menyembah Allah SWT seperti berhala-berhala, dewa-dewa, dan sebagainya.

3. Mempersekutukan Tuhan (syirik) : Qs. An-nisaa 116. Sesungguhnya Allah SWT tidak mengampuni dosa mempersekutukan (sesuatu) dengan Dia, dan dia mengampuni dosa yang selain syirik bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan (sesuatu) dengan Allah SWT, maka sesungguhnya ia telah tersesat sejauh-jauhnya.

4. kuduskan hari sabat : Qs. Al Jumu’ah 9. Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah SWT dan tinggalkanlah jual beli [1475]. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui [1475]. Maksudnya: apabila imam telah naik mimbar dan muazzin telah azan di hari Jum'at, maka kaum muslimin wajib bersegera memenuhi panggilan muazzin itu dan meninggalakan semua pekerjaannya.

Dalam Islam hari sabat (hari ketujuh) adalah jatuh pada hari Jum’at atau sering disebut di amerika dengan unkapan GIF= The Great day Is Friday, karena memang jum’at hari agung.sab'ah = hari ke 1, ahad=hari ke 2, itsnain=hari ke 3, tsalatsah=hari ke 4, arba’ah=hari ke 5, khamsah=hari ke 6, sittah=hari ke 7,

5. Hormati orang tua mu : Qs. Al-Israa’ 23. Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. [850]. Mengucapkan kata ah kepada orang tua tidak di bolehkan oleh agama apalagi mengucapkan kata-kata atau memperlakukan mereka dengan lebih kasar daripada itu.

6. Jangan membunuh : Qs 29. Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu [287]; sesungguhnya Allah SWT adalah Maha Penyayang kepadamu. [287]. Larangan membunuh diri sendiri mencakup juga larangan membunuh orang lain, sebab membunuh orang lain berarti membunuh diri sendiri, karena umat merupakan suatu kesatuan..

7. Jangan berzinah : Qs. An Nuur 3. Laki-laki yang berzina tidak mengawini melainkan perempuan yang berzina, atau perempuan yang musyrik; dan perempuan yang berzina tidak dikawini melainkan oleh laki-laki yang berzina atau laki-laki musyrik, dan yang demikian itu diharamkan atas orang-orang yang mukmin [1028]. Maksud ayat ini ialah: tidak pantas orang yang beriman kawin dengan yang berzina, demikian pula sebaliknya.

8. Jangan Mencuri : Qs. Al-Maa’idah 38. Laki-laki yang mencuri dan perempuan yang mencuri, potonglah tangan keduanya (sebagai) pembalasan bagi apa yang mereka kerjakan dan sebagai siksaan dari Allah SWT. Dan Allah SWT Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana

9. Sumpah Palsu : Qs. At Taubah 42. Kalau yang kamu serukan kepada mereka itu keuntungan yang mudah diperoleh dan perjalanan yang tidak seberapa jauh, pastilah mereka mengikutimu, tetapi tempat yang dituju itu amat jauh terasa oleh mereka. Mereka akan bersumpah dengan (nama) Allah SWT:

"Jikalau kami sanggup tentulah kami berangkat bersama-samamu." Mereka membinasakan diri mereka sendiri[644] dan Allah SWT mengetahui bahwa sesungguhnya mereka benar-benar orang-orang yang berdusta. Maksudnya mereka akan binasa disebabkan sumpah mereka yang palsu

10. Jangan menginginkan yang bukan milik atau hak kita. (Harta warisan dan harta anak yatim) : Qs. Al-Baqarah 180. Diwajibkan atas kamu, apabila seorang di antara kamu kedatangan (tanda-tanda) maut, jika ia meninggalkan harta yang banyak, berwasiat untuk ibu-bapak dan karib kerabatnya secara ma'ruf [112], (ini adalah) kewajiban atas orang-orang yang bertakwa.

[112]. Ma'ruf ialah adil dan baik. Wasiat itu tidak melebihi sepertiga dari seluruh harta orang yang akan meninggal itu. Ayat ini dinasakhkan dengan ayat mewaris.

Qs. An Nisaa’ 2. Dan berikanlah kepada anak-anak yatim (yang sudah balig) harta mereka, jangan kamu menukar yang baik dengan yang buruk dan jangan kamu makan harta mereka bersama hartamu. Sesungguhnya tindakan-tindakan (menukar dan memakan) itu, adalah dosa yang besar.
Pdt Sombrero Simangkulangit
  • kamu mau ngotot terus? sudah saya katakan berkali2 dalam islam memabaca Istighfar adalah BACAAN TOBAT, semua muslim pasti melakukan itu, apalagi nabi,

saya sekarang balik bertanya :

DARI MANAKAH ASAL USUL FAHAM TRINITAS? mengapa bisa ada dalam dunia kristen, padahal YESUS TIDAK PERNAH MENGAJARI?

silahka........
Pengkhotbah Muda
  • Dari mana anda tau poin2 itu termasuk 1o hukum taurat?? Darimana anda tau poin2 hukum taurat itu?? Apakah cukup dgn mngatakn istighfar sudah berarti bertobat dalam islam?? Ingat, perintah bertobatlah bukan sebuah pernyataan atau bukti bahwa Muhammad jg bertobat,,, Bedakan kalimat perintah dan pernyataan..
Pdt Sombrero Simangkulangit
  • kamu jwb dulu pertanyaan saya..........
Pdt Sombrero Simangkulangit
  • Yesus menebus dosa pada siapakah? knapa ajaran ABAL2 ini membuat manusia semakin bodoh dengan faham penebusan dosa sebagaimana ajaran penyembah dewa2...silahkan jawab dulu pertanyaan ke 2,

kamu sudah bertanya 3x dan saya sudah jawab 3x tapi kamu masing NGOTOT bahwa meminta bukti nabi bertobat?

silahkan jawab dulu, biar diskusinya seimbang,
Pengkhotbah Muda
  • hehheh,,,saya lagi bertanya kan?? Anda belum jawab semua...setelah perkara ini kelar baru anda boleh bertanya,,
Pdt Sombrero Simangkulangit
  • tidak ada kompromi dengan mulut manis kristen, maaf, mula2 kamu mau belajar, tapi ujung2nya kamu malah NGOTOT dengan cara yang tidak jelas.

gw sudah siapkan jawaban semua, gw balik bertanya,

1. Asal usul trinitas dari mana?
2. Yesus menebus dosa pada siapa?

silahkan jawab dulu, kalau mau ajak debat 1 by 1 ya silahkan, jgn mula2 bermaksud bertanya, terus setelah di jawab mala NGOTOT? sopan santunmu dimana?

eh, malah minta jawaban sampai tuntas? hm, gundulmu !!!
Pengkhotbah Muda
  • hehehh,,,bukan berarti saya mau belajar dari anda maka saya akan telan bulat2 perkataan anda...maaf, pertanyaan saya belum kelar pak...nanti setelah selesai baru anda boleh bertanya krn anda belum mngajari saya selama saya bisa jawab..
Pdt Sombrero Simangkulangit
  • Jangan paksa saya. kamu sudah menunjukan etika tidak baik, maka silahkan penuhi dulu pertanyaan saya, kalau tidak, no discuss...
Pengkhotbah Muda
  • etika tidak baik pa Pak? Saya komen dgn hormat,,, hanya saja, sebagian komen Bapak tidak bisa saya terima bgtu saja, maka tetap aku tanyakan.... Maaf pak, anda belum mnjwab pertanyaan saya, maka setelah selesai baru Bapak boleh bertanya pada saya,,,
Pdt Sombrero Simangkulangit
  • etika tidak baik itu bukan sebatas kamu harus sopan? tapi ada hal2 yang awalnya kamu mau "learning" tapi ujung2nya kamu malah mau "teaching" - bukankah saya tidak tahu siapa kamu?

sekarang malah saya disuruh menjawab pertanyaan mudah. jawab dulu 2 pertanyaan saya sampai tuntas, baru kita berikan sesi jawaban mu, itu tawaran saya...kalau tidak mau, silahkan clear off dari dunia FB saya juga tidak masalah kok....
Pengkhotbah Muda
  • hehheh...bgaimana bisa anda menuntut hak smentara kewajiban anda belum terlaksana?? Jika bapak tidak berkenan mnjawab ya gpp
Pdt Sombrero Simangkulangit
  • kamu malah mempertontonkan ke degilan ya? baca lagi semua komen2 saya, apakah saya BELUM sama sekali menjawab pertanyaan mu? bagaiamana dengan pertanyaan saya thd mu? ke senggol saja tidak !

terus kamu masih menuntut agar saya tetap harus menjawab pertanyaan itu? sejujur2nya, saya tidak tertarik dengan orang licik, kalau soal debat, saya ladeni siapapun, apalagi cuma kaum salibis?
apalagi membahas tentang fiqih islam? hukum islam dll,

itu mudah,

masalahnya kamu itu tidak fair play, makanya saya ogah....
Pengkhotbah Muda
  • diridhoi..apakah umatnya jg otomatis diridhoi? Adadalilnya?
    Bertobatlah..
    bukankah itu kalimat perintah,bukan pernyataan. Entah di hadis atau alquran,mana pernyataan Muhammad telah bertobat
    Dari mana anda tau poin2 itu termasuk 1o hukum taurat?? Darimana anda tau poin2 hukum taurat itu?? Apakah cukup dgn mngatakn istighfar sudah berarti bertobat dalam islam?? Ingat, perintah bertobatlah bukan sebuah pernyataan atau bukti bahwa Muhammad jg bertobat,,, Bedakan kalimat perintah dan pernyataan..------pertanyaan itu blum bpak jwb loh....Sabar pak,,, nanti stelah perkara ini selesai baru bapak boleh bertanya

3 comments:

  1. YESUS dgn TEGAS mengatakan bahwa DIRINYA BUKAN TUHAN :
    .
    Yohanes, 20:17 à “Aku akan pergi kepada Bapaku dan Bapamu, Allahku dan Allahmu.”
    Yohanes, 8:54 à “Jika aku memuliakan diriku sendiri, maka kemuliaanku itu sedikitpun tidak ada artinya. Bapa/Allah-kulah yang memuliakanku.”
    Matius, 18:19 à “Permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa/Allah-ku di sorga.”
    Markus, 10:18 à “Mengapa kau katakan aku baik? Tidak ada yang baik selain Allah.” Matius, 7:21 à “Bukan setiap orang yang berseru kepadaku Tuhan, Tuhan! Akan masuk kerajaan sorga. Melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa/Allah-ku disorga.”
    Lukas, 18:19 à “Mengapa kau katakan aku (Yesus) baik? Tidak ada yang baik selain Allah.”
    Matius 19-17 à “Hanya Satu yang baik … turutilah perintah Allah.”
    Semua yang tidak mengakui dirinya sebagai Tuhan, ia tidak pantas disebut sebagai Tuhan.
    Karena Tuhan pasti menyebut diri-Nya sebagai Tuhan : Im 19:31 & Yes 43:11.

    ReplyDelete
  2. HARAM menyebut Yesus TUHAN !
    .
    Matius 7:21. BUKAN setiap orang yang berseru kepada-Ku (Yesus): TUHAN, TUHAN ( haram menyebut tuhan pada Yesus ) ! akan masuk ke dalam Kerajaan SORGA, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku (Allah) yang di sorga.
    .
    (Mat 7:22) Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku (Yesus): TUHAN, TUHAN, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu (Yesus), dan MENGUSIR SETAN (dan berdoa) demi nama-Mu (Yesus), dan mengadakan banyak MUKJIZAT demi nama-Mu (Yesus) juga?
    .
    Matius 7:23 Pada waktu itulah Aku (Yesus) akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku (Yesus) TIDAK PERNAH mengenal kamu ! ENYAHLAH dari pada-Ku (Yesus), kamu sekalian pembuat KEJAHATAN !” (Matius 7:21-23)
    YESUS KRISTUS, dan masalahnya sbb...JIKA YESUS adalah TUHAN oleh karena YESU seorang KRISTUS (Kristus/Yunani = Mesias/Ibrani = yg diurapi), MENGAPA kristus-kristus lain TIDAK menjadi TUHAN ?
    .
    KRISTUS KRISTUS LAIN dalam Alkitab adalah : DAUD / DAVID Kristus (Mazmur 2:2), KORESH Kristus (Yesaya 45:1), SAUL Kristus (1 Samuel 10:1), HARUN / ARON Kristus (Imamat 8:12), ELISA / ELYASA Kristus (1 Raja-raja 19:16), dan

    ReplyDelete
  3. Matius 7:21. BUKAN setiap orang yang berseru kepada-Ku (Yesus): TUHAN, TUHAN ( haram menyebut tuhan pada Yesus ) ! akan masuk ke dalam Kerajaan SORGA, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku (Allah) yang di sorga.

    Justru ayat ini menunjukkan kalau Yesus adalah Tuhan. Perhatikan kata "bukan setiap orang". NOT EVERYBODY. Memang tidak semua orang yang menyebut Yesus Tuhan akan serta merta masuk surga, tetapi yang melakukan kehendak Allah yang di sorga. Artinya, iman saja tidak cukup namun harus dibuktikan dengan perbuatan,sebab Yakobus 2:26 "Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati"

    Tidak semua orang (NOT EVERYBODY). Ini berarti ada orang yang memanggil Yesus sebagai Tuhan dan masuk surga. Terkecuali jika dikatakan, tidak seorang pun (nobody) yang memanggil Yesus adalah Tuhan akan masuk surga, maka bisa diterima bahwa Yesus bukanlah Tuhan.

    Semoga mengerti..

    ReplyDelete